Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan

Loading...



Pencatatan Perubahan nama

PELAYANAN PENCATATAN PERUBAHAN NAMA

Dasar Hukum

  1. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
  2. Undang-undang 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia;
  3. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi Kependudukan;
  6. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan Dan Tatacara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil;
  7. Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Administrasi Kependudukan;
  8. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2005 tentang Pedoman Pendataan Dan Pemberian Surat Keterangan Penganti Dokumen Pendudukan Bagi Pengungsi Dan Penduduk Korban Bencana Di Daerah;
  9. Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
  10. Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi Daerah;
  11. Peraturan Bupati Kuningan Nomor 24 Tahun 2010 tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil;

Syarat-syarat yang diperlukan

  1. Salinan penetapan perubahan nama dari pengadilan atau instansi yang berwenang;
  2. Kutipan Akta kelahiran (asli dan fotocopy);
  3. Fotocopy KK dan KTP yang masih berlaku;
  4. Surat kuasa pengisian biodata bermaterai Rp 10.000,00 bagi yang diwakilkan, dan Fotocopy KTP penerima kuasa;

Prosedur

  1. Pemohon ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengambil blanko perubahan nama;
  2. Pemohon mendatangi loket pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa berkas lengkap beserta dokumen aslinya;
  3. Petugas Loket pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerima dan meneliti berkas dan memberikan informasi kepada pemohon tentang masa berlaku, lama penyelesaian, dan besarnya retribusi yang harus dibayar pemohon;
  4. Apabila berkas belum lengkap maka petugas mengembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi;
  5. Petugas Loket memberikan paraf pada berkas sebagai tanda sudah lengkap dan menyerahkan berkas kepada kasi pencatatan perubahan nama untuk diverifikasi;
  6. Kasi pencatatan perubahan nama memeriksa kelengkapan berkas dan memberikan para pada berkas yang sudah lengkap;
  7. Kasi pencatatan perubahan nama menyerahkan berkas permohonan kepada petugas register di bidang pencatatan sipil untuk dicatat dalam register;
  8. Petugas meneliti dan mencatat data pemohon dalam register perubahan nama sesuai berkas;
  9. Petugas meneruskan berkas dan register akta perubahan nama kepada kasir;
  10. Kasir menerima uang dan menerbitkan kwitansi serta memberi nomor pada berkas permohonan sesuai nomor kwitansi;
  11. Kasir menyerahkan berkas permohonan kepada petugas operator computer dinas untuk diproses lebih lanjut;
  12. Operator komputer menginput data register akta perubahan nama ke dalam system komputer dengan teliti Setelah memastikan sudah diiput dengan benar, operator komputer melakukan catatan pinggir pada register akta dan kutipan akta catatan sipil;
  13. Operator Komputer mencetak akta dan Kutipan akta kemudian meneruskan register dan kutipan akta catatan sipil kepada kepala bidang pencatatan sipil;
  14. Kepala bidang pencatatan sipil memverifikasi dan meneliti kesesuain kutipan akta catatan sipil dengan berkas pemohon,dan memberikan paraf pada berkas yang telah sesuai;
  15. Petugas operator komputer mencetak pada blangko asli dan meneruskan kutipan akta perubahan nama, register, dan berkas lain kepada petugas di bidang pencatatan sipil untuk diparaf kepala bidang pencatatan sipil dan diteruskan kepada sekretaris dinas untuk diparaf;
  16. Staf tata usaha meneruskan kutipan akta peruabahan nama, register, dan berkas lain yang telah diparaf sekretaris dinas kepada kepala dinas;
  17. Kepala dinas meneliti dan menandatangani kutipan akta perubahan nama dan dokumen lainnya;
  18. Kepala dinas meneruskan register, berkas, dan dokumen lainnya kepada Petugas arsip dan meneruskan kutipan Akta Perubahan nama kepada Petugas Loket Pelayanan;
  19. Petugas arsip menyimpan berkas pada ruang arsip;
  20. Pemohon pada batas waktu proses yang telah ditentukan mendatangi Loket Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  21. Pemohon dengan menunjukkan tanda terima pembayaran menyerahkan kepada Petugas Loket;
  22. Petugas Loket menyerahkan akta perubahan nama serta dokumen asli lainnya kepada pemohon.

Lamanya penyelesaian

6 (enam) hari kerja sejak tanggal dipenuhinya semua persyaratan.


Berita Terkini

DISDUKCAPIL MENYAPA MASYARAKAT SEASON#6

  • 27 Juni 2022 10:46:55
  • 68
  • B.T

Kuningan, Rabu tanggal 30/06/2022 Pukul 10.30 wib mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan kembali berkolaborasi dengan Radio MEGASWARA Kuningan 89.8 FM, akan mengada ..... Baca Selengkapnya

Pelayanan Adminduk

  • 23 Juni 2022 09:41:13
  • 0
  • B.T

Pelayanan Adminduk "SI KUDA CEPAT"  dalam rangka Gebyar UMKM            ..... Baca Selengkapnya

Pelayanan Adminduk

  • 22 Juni 2022 09:30:08
  • 24
  • B.T

  Pelayanan Adminduk "SI KUDA CEPAT" dalam rangka Lomba Kampung KB Tk. Nasional        ..... Baca Selengkapnya

Bimtek Aplikasi SIPANDUK

  • 16 Juni 2022 09:17:51
  • 0
  • B.T

Pelaksanaan Bimbingan Teknis aplikasi SIPANDUK di Kecamatan Mandirancan.       ..... Baca Selengkapnya

Pelayanan Terpadu SI KUDA CEPAT & SABA DESA

  • 15 Juni 2022 09:10:49
  • 15
  • B.T

      ..... Baca Selengkapnya

DISDUKCAPIL MENYAPA MASYARAKAT SEASON#5

  • 13 Juni 2022 08:57:58
  • 7
  • B.T

Kuningan, Selasa tanggal 14/06/2022 Pukul 10.30 wib , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan kembali berkolaborasi dengan Radio MEGASWARA Kuningan 89.8 FM, akan mengadakan aca ..... Baca Selengkapnya

  • 24 Mei 2022

    Pukul : 09:00:00 s/d Selesai
    Pelayanan Pelayanan Keliling / Jemput Bola Ke Desa CIBERUNG Kecamatan SELAJAMBE (Lokasi:Balai Desa Setempat)

  • 23 Mei 2022

    Pukul : 09:00:00 s/d Selesai
    Pelayanan Pelayanan Keliling / Jemput Bola Ke Desa CANTILAN Kecamatan SELAJAMBE (Lokasi:Balai Desa Setempat)

  • 20 Mei 2022

    Pukul : 09:00:00 s/d Selesai
    Pelayanan Pelayanan Keliling / Jemput Bola Ke Desa SELAJAMBE Kecamatan SELAJAMBE (Lokasi:Balai Desa Setempat)

  • 19 Mei 2022

    Pukul : 09:00:00 s/d Selesai
    Pelayanan Pelayanan Keliling / Jemput Bola Ke Desa CILIMUSARI Kecamatan CILEBAK (Lokasi:Balai Desa Setempat)

  • 18 Mei 2022

    Pukul : 09:00:00 s/d Selesai
    Pelayanan Pelayanan Keliling / Jemput Bola Ke Desa MANDAPAJAYA Kecamatan CILEBAK (Lokasi:Balai Desa Setempat)

  • 01 Juli 2022

    SENIN - KAMIS

    Jam Kerja = 07.30 WIB - 12.00 WIB


    JUMAT

    Jam Kerja = 07.30 WIB - 11.30 WIB

    (Selama Masa PPKM)