Wabup Ridho : SIPP Untuk Pelayanan Publik Yang Lebih Baik
CIPICUNG- Sebagai pencetus program Sinergi Integrasi Pelayanan Publik (SIPP), Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, menyebut, SIPP bertujuan memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, sehingga negara benar-benar dirasakan hadir di tengah- tengah masyarakat.
“Tujuan SIPP adalah memberikan kualitas pelayanan publik yang dekat dengan masyarakat, sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara di tengah-tengah kehidupannya. Juga mengidentifikasi secara langsung setiap permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga arah kebijakan dapat ditentukan dengan sebaik-baiknya,” ujar Wabup, saat meninjau pelaksanaan SIPP yang ke-3 kalinya, di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipicung, Rabu (5/10/2022).
Dikatakan Wabup, Kuningan SIPP merupakan sebuah program inovasi pelayanan publik dari Pemerintah Kabupaten Kuningan. Dimana dalam pelaksanaannya, sejumlah SKPD bersama-sama melakukan pelayanan publik secara jemput bola kepada masyarakat.
“Pada kegiatan SIPP ini, bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan (Aminduk) seperti KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan sebagainya, dapat dengan mudah ditangani langsung oleh Disdukcapil. Kemudian yang berhubungan dengan usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM), ada Diskopdagperin. Atau yang membutuhkan kemudahan perizinan akan ditangani langsung DPMPTSP,” terang Wabup.
SKPD lain yang terlibat dalam SIPP, dikatakan Wabup diantaranya, Diskominfo, Dinas Sosial, BPBD, DPPKBP3A, Dinas Kesehatan, dan Bappenda. Bahkan, BPN, PMI, dan RS Hasna Medika pun turut berkontribusi memberikan layanan.
“Dengan melihat tingginya animo masyarakat yang datang, membuktikan SIPP ini cukup ampuh dalam memberikan pelayanan yang datang secara langsung kepada masyarakat. Mudah-mudahan kedepannya, akan lebih banyak lagi SKPD yang terlibat untuk memberikan pelayan kepada masyarakat sesuai dengan tupoksinya, sehingga masyarakat lebih dimudahkan dalam memperoleh pelayan publik,” ujarnya.
Wabup berharap, pelayanan jemput bola yang dikemas melalui SIPP ini, dapat terus berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan komitmen semua pihak, supaya terobosan percepatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. Karena hal ini, menurutnya, sangat selaras dengan Visi Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis dan Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.
“Mari bersama-sama untuk terus melakukan terobosan dan inovasi dalam mengatasi setiap permasalahan yang timbul pada pelayanan, dengan menyajikan pelayanan terpadu yang berorientasi terhadap pelayanan yang akuntabel, kompeten, harmonis, kolaboratif, adaptif dan loyal,” pungkasnya. (Bid IKP/DISKOMINFO)
- 05 Oktober 2022 09:43:13
- 370
- Oleh Administrator
Berita Terkini
166 ASN Terima SK Pensiun, Iip Hidajat : Terimakasih Atas Dharmabakti Yang diberikan Kepada Negara
- 29 Februari 2024 08:00:01
- 145
- Administrator
KUNINGAN – Sebanyak 166 ASN dari berbagai perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan menerima SK Pemberhentian (Pensiun) yang secara simbolis di serahkan oleh Penjabat Bupati Kuninga ..... Baca Selengkapnya
Tiga Perangkat Daerah Raih Penghargaan dari BPS
- 16 Februari 2024 11:08:12
- 240
- Administrator
KUNINGAN-Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan memberikan piagam penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah sebagai lokus penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023 ..... Baca Selengkapnya
Pemkab Kuningan Gelar Kuningan SIPP ke-13: Masyarakat Sambut Antusias Inovasi Pelayanan Publik Terpadu
- 24 Januari 2024 13:34:30
- 215
- Administrator
CIGUGUR – Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui kegiatan Kuningan SIPP (Sinergi Integrasi Pelayanan Pub ..... Baca Selengkapnya
Pj Bupati Kuningan Serahkan Program PADUKA, Pasutri Langsung Dapat KTP dan KK Baru Usai Menikah
- 10 Januari 2024 09:09:53
- 294
- Administrator
KUNINGAN – Rabu, 10 Januari 2024 menjadi hari yang membahagiakan bagi pasangan Disya Dwi Ajeng dan Priangga Sukma Nugraha, pasalnya hari tersebut merupakan hari Pernikahan bagi mereka berdua. Se ..... Baca Selengkapnya
DUKCAPIL ON THE STREET bertempat di Toserba Griya Kuningan
- 03 Desember 2023 07:00:53
- 419
- Administrator
KUNINGAN- Sebagai bentuk upaya meningkatkan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan mengadakan kegiatan Disdukcapil On The Street ..... Baca Selengkapnya
Program Itsbat Nikah Kembali Digulirkan, 49 Pasutri Dapat Buku Nikah dan Administrasi Kependudukan
- 03 November 2023 08:00:11
- 321
- Administrator
KUNINGAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan kembali menggelar sidang Itsbat Nikah, dimana sebanyak 49 pasang disidangkan oleh Panitera dan hakim dari Pengadilan Agama Kabupaten Kuningan. Sid ..... Baca Selengkapnya
Kuningan SIPP Ke-11, Diselenggarakan Di Desa Manis Kidul
- 25 Oktober 2023 08:59:25
- 355
- Administrator
KUNINGAN- Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan kembali menyelenggarakan Program Sinergi Integrasi Pelayanan Publik (SIPP) yang ke-11 kalinya, kali ..... Baca Selengkapnya
SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
- 20 Oktober 2023 09:53:07
- 862
- Administrator
Bapak,ibu,akang ,teteh pengguna aplikasi Sipanduk,dalam upaya terus meningkatkan pelayanan online Disdukcapil Kab.Kuningan. Dimohon untuk mengisi survei kepuasan dengan scan barcode di poster Survei.. ..... Baca Selengkapnya
DISDUKCAPIL Kab. Kuningan ikut memeriahkan Karnaval Hari jadi Kuningan yang ke-525
- 03 September 2023 11:06:50
- 398
- Administrator
KUNINGAN, memperingati Hari Jadi ke 525 Kuningan terlihat ribuan masyarakat Kab. Kuningan memadati sepanjang ruas Jalan Siliwangi, untuk menyaksikan Karnaval sebagai agenda tahuna ..... Baca Selengkapnya